Selasa, 15 Mei 2012

Laporan Praktikum Biologi SMA

Laporan Praktikum Biologi
“Keanekaragaman Hayati”

Tujuan praktikum :

  1. Mengidentifikasi keanekaragaman gen dan jenis makhluk hidup  dari hasil pengamatan lingkungan.
  2. Membandingkan ciri keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem.
  3. Melakukan pengamatan atau pengambilan data secara benar.
  4. Merumuskan konsep keseragaman makhluk hidup dari hasil pengamatan.
  5. Membuat  tulisan atau laporan berdasar aturan penulisan ilmiah yang benar.
  6. Memuat tulisan dalam blog kelompok.    
  7. Menunjukkan kerjasama team
  8. Menunjukkan sikap saling menolong
Keanekaragaman hayati atau biodiversitas (Bahasa Inggris: biodiversity) adalah suatu istilah pembahasan yang mencakup semua bentuk kehidupan, yang secara ilmiah dapat dikelompokkan menurut skala organisasi biologisnya, yaitu mencakup gen, spesies tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme serta ekosistem dan proses-proses ekologi dimana bentuk kehidupan ini merupakan bagiannya. Dapat juga diartikan sebagai kondisi keanekaragaman bentuk kehidupan dalam ekosistem atau bioma tertentu. Keanekaragaman hayati seringkali digunakan sebagai ukuran kesehatan sistem biologis.
Keanekaragaman hayati tidak terdistribusi secara merata di bumi; wilayah tropis memiliki keanekaragaman hayati yang lebih kaya, dan jumlah keanekaragaman hayati terus menurun jika semakin jauh dari ekuator.
Keanekaragaman hayati yang ditemukan di bumi adalah hasil dari miliaran tahun proses evolusi. Asal muasal kehidupan belum diketahui secara pasti dalam sains. Hingga sekitar 600 juta tahun yang lalu, kehidupan di bumi hanya berupa archaea, bakteri, protozoa, dan organisme uniseluler lainnya sebelum organisme multiseluler muncul dan menyebabkan ledakan keanekaragaman hayati yang begitu cepat, namun secara periodik dan eventual juga terjadi kepunahan secara besar-besaran akibat aktivitas bumi, iklim, dan luar angkasa.
Jenis keanekaragaman hayati
·         Keanekaragaman genetik atau gen (genetic diversity);adalah ke anekaragaman individu dalam satu jenis makhluk hidup, di tandai dengan perubahan fisik suatu makhluk hidup yang tidak terlalu dominan.
·         Keanekaragaman spesies (species diversity); Variasi yang terdapat pada makhluk hidup antar jenis (antar spesies) genusnya atau marganya berbeda. Keaneraragaman organisme hidup di bumi (diperkirakan berjumlah 5 - 50 juta), hanya 1,4 juta yang baru dipelajari.
·         Keanekaragaman ekosistem (ecosystem diversity); Keanekaragaman habitat ,komunitas biotik dan proses ekologi di biosfer atau dunia lautdan dapat mempengaruhi sistem kehidupan di dalamnya contoh: seleksi alam.


Alat dan bahan :

1.      Alat
      a.       Pisau/ silet
      b.      Penggaris
      c.       Lup
2.  Bahan
a.    Macam- macam buah jeruk ( jeruk nipis, jeruk baby, jeruk
       buah.
b.      Macam- macam biji kacang panjang dari berbagai varietas.
c.      Macam- macam biji kacang- kacangan ( Leguminoceae ), meliputi 
       biji kacang hijau, biji kacang tanah, biji kacang merah dan
         biji kacang- kacang yang lain.
e.    Gambar atau foto 3 macam ekosistem dari internet.

Cara kerja :

1.      Amati dan identifikasi macam – macam variasi buah dan biji berdasarkan sifat atau ciri – ciri yang dapat diamati, variasi ukuran, variasi tekstur permukaan specimen dengan menggunakan indra atau alat bantu yang sesuai.
2.      Identifikasi persamaan dan perbedaan ciri/ sifat pada specimen tersebut.
3.      Catatlah persamaan dan perbedaan ciri/ sifat ke dalam tabel pengamatan
4.      Amati keseragaman ciri/ sifat yang ada pada berbagai specimen
5.      Perhatikan dan identifikasi gambar atau foto ekosistem yang kamu cari dari internet. Tulis aspek – aspek yang penting dari pengamatan tersebut ke dalam tabel.

Hasil Pengamatan :

 Tabel 1.1. Tabel hasil Pengamatan
PENGAMATAN
BAHAN

Warna
Aroma
Bentuk buah
Ukuran lingkar buah
Tekstur kulit buah
Buah jeruk
1
Hijau
Masam
Bola
14 cm
Rata/mulus
2
Hijau kuning
Masam
Bola
21 cm
Tidak rata
3
Oranye
Manis
Bola
17 cm
Tidak rata
Biji kacang berbagai jenis
1
Hijau
Tak berbau
Lonjong
1 cm
Agak rata
2
Coklat muda
Tak berbau
Kerucut sembarang
2,5 cm
Mulus
3
Merah coklat
Tak berbau
Lonjong
2,8 cm
Mulus
Biji kacang panjang dalam berbagai varietas
1
Hitam
Tak berbau
Lonjong
2,2 cm
Tidak rata
2
Coklat putih
Tak berbau
Lonjong
2,1 cm
Mulus tidak rata
3
Merah tua
Tak berbau
Lonjong
2 cm
Mulus tidak rata
Keterangan Tabel:
Img 1.01. Jeruk Nipis
Img 1.02. Jeruk Baby

Img 1.03. Jeruk Buah

Jeruk 1      : Jeruk nipis
Jeruk 2      : Jeruk baby
Jeruk 3      : Jeruk buah
Img 1.04. Kacang Hijau
Img 1.05. Kacang Merah
Img 1.06. Kacang Tanah

Biji 1          : Biji Kacang hijau
Biji 2          : Biji Kacang tanah
Biji 3          : Biji Kacang Merah


Biji kacang panjang varietas 1(Celebes)
Biji kacang panjang varietas 2(Citra)
Biji kacang panjang varietas 3(Gemilang)


Img 1.07. Ekosistem Tundra
Img 1.08. Ekosistem Hutan Hujan Tropis
Img 1.07. EkosistemPadang Gurun
Ekosistem 1 : Ekosistem Tundra
Ekosistem 2 : Ekosistem Hutan Hujan Tropis
Ekosistem 3 : Ekosistem Padang Gurun

Tabel 1.2. Tabel hasil Pengamatan 
Jenis ekosistem
Jenis hewan
Jenis tumbuhan
Berada di ketinggian/di daerah apa?
Berapa musim?
Ekosistem tundra
-Beruang kutub
-Muskox
-Lumut kerak
-Rumput alang - alang
Lingkar kutub utara dan selatan artik, greenland kutub utara
Antartika kutub selatan
1.Musim dingin yang panjang dan gelap
2.Musim panas yang panjang dan terang
Ekosistem hutan hujan tropis
-Kera
-Burung
-Badak
-Harimau
-Rotan
-Anggrek
Dataran rendah ketinggian 1200 m dpl
0 – 10 derajat ke utara dan ke selatan garis khatulistiwa
Asia, Australia, Afrika, Amerika Selatan
Musim kemarau 4 – 6 bulan
Ekosistem padang pasir
-Unta
-Kadal
-Ular
-Kaktus
20 – 30 derajat lintang utara dan selatan
Daerah tropika yang berbatasan dengan bioma padang rumput
Musim panas : sinar matahari terik, penguapan tinggi, suhu 40 derajat C pada siang hari

 

Pembahasan :

Ciri – ciri dari setiap tumbuhan dan ekosistem yang telah diuji coba yaitu Jeruk nipis yang memiliki ciri diameter buahnya antara 3 – 6 cm, Jeruk baby memiliki cirri buahnya berwarna hijau kekuningan; dan jeruk buah memiliki cirri buah itu rasanya manis. Dari kacang-kacangan yang sudah diuji yaitu Biji kacang hijau memiliki cirri bijinya yang berwarna hijau, Biji kacang tanah memiliki cirri bijinya yang berbentuk kerucut sembarang; dan Biji kacang panjang yang memiliki cirri biji yang brrwarna merah coklat. Lalu cirri-ciri biji-bijian varietas ialah Biji kacang panjang varietas 1 memiliki cirri bijinya ,berwarna hitam, sedangkan Biji kacang panjang varietas 2 memiliki ciri bijinya warna coklat putih,; dan juga Biji kacang panjang varietas 3 yang warna bijinya merah tua. Setiap ekosistem yang diuji juga memiliki cirri yang berbeda diantaranya Ekosistem tundra yang hampir semua wilayah tertutup salju/es, lain lagi dengan Ekosistem hutan hujan tropis yang memiliki keanekaragaman spesies hewan dan tumbuhan sangat tinggi dan mendapat hujan sepanjang tahun; apalagi Ekosistem padang pasir yang iklimnya gersang dan curah hujan rendah.
Meskipun cirri-ciri dari setiap tumbuhan dan ekosistem sangatlah berbeda, tapi ada persamaan dan atau perbedaan dari tumbuhan dan atau ekosistem di atas. Diantaranya persamaan yang dimiliki oleh ketiga buah jeruk yaitu ketiganya sama – sama berbentuk bola. Lalu persamaan dari kacang hijau, kacang tanah, dan kacang panjang yaitu ketiganya sama – sama tak berbau / beraroma. Sedangkan persamaan yang dimiliki kacang panjang 3 varietas (celebes, citra, gemilang) yaitu ketiganya sama – sama tak berbau dan sama – sama berbentuk lonjong. Perbedaan yang dimiliki kacang panjang 3 varietas (celebes, citra, gemilang) yaitu adanya perbedaan pada warna. Celebes berwarna hitam, citra berwarna coklat putih, dan gemilang berwarna merah tua, dan persamaan yang ada pada ekosistem tundra, hutan hujan tropis, dan gurun yaitu pada ketiga ekosistem sama – sama terdapat musim panas / musim kemarau sedangkan perbedaannya pada ekosistem tersebut yaitu terletak pada letak ekosistem tersebut dan habitat yang ada pada ekosistem tersebut.
Bioma tundra merupakan bioma yang terdapat di daerah lingkar kutub utara dan selatan. Pada bioma ini tidak terdapat pepohonan yang dapat tumbuh, yang ada hanya tumbuhan kecil sejenis rumput dan lumut. Bioma ini terdapat di sekitar lingkar ArtikGreenland di wilayah kutub utara. Di wilayah kutub selatan terdapat di Antartika. Jenis-jenis vegetasi yang dapat hidup di bioma tundra misalnya lumut kerak, rumput teki, tumbuhan terna, dan semak-semak pendek.
Ciri-cirinya yaitu Pada daerah yang berawa jenis vegetasi yang ada misalnya rumput teki, rumput kapas dan gundukan gambut (hillock tundra).Di cekungan yang basah seperti di Greenland terdapat semak salik dan bentula.Di tempat yang agak kering ditumbuhi lumut, teki-tekian, ericeceae, dan beberapa tumbuhan yang berdaun agak lebar.Di lereng-lereng batu terdapat kerak, lumut dan alga. 
 Bioma Gurun merupakan bioma yang di dominasi oleh batu/pasir dengan tumbuhan sangat jarang. Bioma ini paling luas terpust di sekitar 20 derajat LU, mulai dari Pantai Atlantik di Afrika hingga ke Asia Tengah. Sepanjang daerah itu terdapat kompleks gurun Sahara, gurun Arab dan gurun Gobi dengan luas mencapai 10 juta km persegi.
Bioma gurun memiliki ciri-ciri sebagai berikut Curah hujan sangat rendah, <250 mm/tahun dengan intensitas panas matahari sangat tinggi, Tingkat penguapan (evaporasi) lebih tinggi dari curah hujan, Air tanah cenderung asin karena larutan garam dalam tanah tidak cenderung berpindah baik karena pencucian oleh air maupun drainase, Tumbuhan yang hidup di daerah gurun umumnya tumbuhan yang mempunyai daun yang kecil seperti duri dan berakar panjang, Daun yang kecil berfungsi untuk mengurangi penguapan, Akar panjang berfungsi untuk mengambil air dari tempat yang dalam dan kemudian disimpan dalam jaringan spons.

Hutan hujan tropika atau sering juga ditulis sebagai hutan hujan tropis adalah bioma berupa hutan yang selalu basah atau lembap, yang dapat ditemui di wilayah sekitar khatulistiwa; yakni kurang lebih pada lintang 0°–10° ke utara dan ke selatan garis khatulistiwa. Hutan-hutan ini didapati di AsiaAustraliaAfrikaAmerika SelatanAmerika TengahMeksiko dan Kepulauan Pasifik.Dalam peristilahan bahasa Inggrisformasi hutan ini dikenal sebagai lowland equatorial evergreen rainforesttropical lowland evergreen rainforest, atau secara ringkas disebut tropical rainforest.
Hutan hujan ini adalah yang paling kaya keanekaragaman hayatinya di antara jenis-jenis hutan lainnya. Di Sarawak dan Brunei saja diperkirakan terdapat antara 1.800–2.300 spesies pohon dengan diameter batang ≥ 10 cm.

Kesimpulan :

  • Perbedaan jeruk nipis, jeruk baby, dan jeruk buah termasuk dalam keanekaragaman jenis(spesies). 
  • Dan pada perbedaan kacang hijau, kacang panjang, dan kacang tanah juga termasuk dalam keanekaragaman jenis(spesies). 
  • Kacang panjang varietas 1(celebes), varietas 2(citra), dan varietas 3 ( gemilang) termasuk dalam keanekaragaman gen.
           Setiap makhluk hidup di dunia ini memiliki ciri dan karakteristik yang sangat beranekaragam sesuai ekosistem tempat tinggalnya

 

Daftar Pustaka :

Kelompok :
Hizkia Kevin Kurnianto U.     /8
 Samuel Adi Kusumo             /18
Belva Jehian Hananto             /2
Elrangga Sadewa Nugroho     /7
Melisa Vicilia                         /14
X- ABRAHAM

3 komentar:

  1. rata kanan kiri sudah oke...coba tambahkan dengan diinsert gambar tentang praktikum atau tentang keanekaragaman haayti tgkt gen, spesies/ekosistem...boleh cari diinternet.......biar menarik dan nambah nilai.....

    BalasHapus
  2. pembahasan tentang ekosistem kurang lengkap...gimana dengan perbedaan hewan dan tumbuhan yang ada dimasing2 ekosistem?

    BalasHapus